oleh

Polri Perkuat Edukasi Tertib Lalulintas Sejak Dini Untuk Menekan Kecelakaan Lalu Lintas

-Polri-123 1500 views

Bharindo.co.id Jakarta – Korlantas Polri terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan juga fokus untuk mencegah terjadinya fatalitas kecelakaan.

Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, Kombes Pol. Arman Achdiat mengatakan bahwa toleransi, empati, peduli merupakan refleksi kesadaran berlalu lintas.

“Kesadaran inilah yang menjadi cermin dari suatu peradaban dari suatu masyarakat bahkan suatu bangsa. Karena lalu lintas itu merupakan urat nadi kehidupan juga merupakan cermin budaya bangsa dan refleksi budaya bangsa,” terang Kombes Pol Arman Achdiat, Kamis(07/07/22).

Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri menambahkan keselamatan dalam berlalu lintas merupakan tanggung jawab bersama. Kepedulian empati dan toleransi dalam berlalu lintas harus terbentuk dalam diri masing-masing. Melihat kesadaran masyarakat tidak dengan parameter kalkulasi atau dengan menggunakan kalkulator.

“Kita bisa menghitung dengan banyaknya kecelakaan pada black spot atau trouble spot. Namun kita selalu melihat dengan dasar-dasar kajian yang sering kita lakukan kemudian forum-forum diskusi dengan beberapa stake holder. Kita juga melakukan sosialisasi edukasi kepada masyarakat untuk disiplin dan kesadaran tertib berlalu lintas, etika berlalu lintas yang aman, tertib, dan lancar,” tutur Perwira Menengah Korlantas Polri.

Kombes Pol Arman Achdiat mengatakan adanya toleransi empati dan peduli terhadap sesama pengguna jalan berlalu lintas yang baik. Upaya-upaya ini telah dilakukan dalam pendidikan keselamatan berlalu lintas pada jalur formal maupun non formal.

“Pada jalur formal itu kita terapkan pada tingkat SD SMP SMA. Dan itu kita sudah melaksanakan MOU dengan Diknas untuk memasukkan pelajaran tertib berlalu lintas ke seluruh Sekolah-sekolah. Kegiatan-kegiatan pendidikan lalu lintas itu sampai dengan Universitas. Untuk jalur non formalnya dapat dilakukan secara langsung melalui media atau training training atau kita punya Safety Driving Center,” jelas mantan Dirlantas Polda Jateng. (il78)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed