oleh

Polres Garut Gelar Apel Pasukan Ops Lilin Lodaya 2021 dalam rangka kesiapan Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

-Polri-38 views

Bharindo.co.id, GARUT – Kamis 23 Desember 2021 Pukul 08.00 Wib s.d selesai bertempat di Lapangan Apel Mapolres Garut, telah dilaksanakan giat Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lodaya 2021 tingkat Polres Garut dalam rangka kesiapan Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Garut H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., M.P. didampingi Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono., S.I.K., M.Si. dan Komandan Upacara Kanit Regiden Iptu Trias Karso Yuliantoro, S. Tr.K

Hadir dalam giat tersebut Unsur Forkopimda Kab. Garut, para PJU Polres Garut, para Kapolsek Jajaran Polres Garut, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para peserta Upacara yg berjumlah 200 (dua ratus) orang terdiri dari :

– 1 (satu) SST Dalmas Polres Garut
– 1 (satu) SST Brimob Kompi 4 Batalyion A  Polda Jabar
– 1 (satu) SST Gabungan Satfung (Reserse-Intel)
– 1 (satu) SST Sat Lantas
– 1 (satu) SST Denpom III/2 Garut
– 1 (satu) SST Kodim 0611 Garut
– 1 (satu) Regu Sat Pol PP Kab. Garut
– 1 (satu) SST BPBD Kab. Garut
– 1 (satu) SST Dishub Kab. Garut

Amanat Inspektur Upacara
Marilah kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Besar karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan untuk hadir dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian, tentu saja ini sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 s.d tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini kita harus lebih peduli, Jangan sampai kegiatan ini menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

saya harapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada.

Pukul 08.35 wib giat Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lodaya 2021 tingkat Polres Garut telah selesai, dilanjutkan dengan giat pemusnahan barang bukti minuman keras ( Miras) serta Knalpot bising

Adapun barang bukti minuman keras ( Miras) yang dimusnahkan dari berbagai jeni sebanyak 6.137 Botol berbagai merk.

Pukul 09.00 wib seluruh rangkaian giat Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lodaya 2021 tingkat Polres Garut telah selesai. (Redi.Rs***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed