oleh

PEMDA MEMINTA PT. PANJI GRAHA INDAH UNTUK BERTANGGUNG JAWAB ATAS JALAN YANG RUSAK

-Bharindo-89 1500 views

Bharindo.co.id Cipondoh – Jalan adalah salah satu prasarana yang digunakan oleh manusia atau transportasi untuk melakukan perjalanan. Siapa yang tidak mengenal jalan ? kita ketahui jalan merupakan satu hal yang penting dimana jalan memiliki fungsi sebagai penghubung antara satu tempat ke tempat yang lainnya.
Banyak aktivitas yang kini berkaitan langsung dengan jalan, Ketika seseorang melakukan perjalanan tentu mereka akan lebih merasa aman, ketika jalan yang mereka gunakan rapi dan tidak bergelombang. Jalan yang rapi dan tidak bergelombang secara psikologis manusia akan lebih menyenangkan dan memberikan rasa aman serta rasa nyaman. Keamanan dalam berkendara juga berkaitan dengan kondisi jalan.

Bagaimana apabila jalan tersebut rusak ? tentu saja sangat membahayakan para pengguna jalan. Apalagi jalan rusak tersebut sudah bertahun tahun tidak pernah dirapihkan.

Menyambung jalan rusak diatas, akan kita ceritakan sedikit permasalahan apa yang dialami oleh warga RW 10 perumahan Poris Paradise dan masyarakat Cipondoh Indah dan sekitarnya yang selalu melintas dijalan rusak tersebut dari sepanjang jalan perbatasan jalan blok Ambon sampai Sekolah Mutiara Bangsa Jalan Poris Indah
Melihat kondisi jalan yang memprihatinkan tersebut, serta banyak keluhan dari masyarakat soal jalan rusak dan pernah kita mendapat laporan bahwa ada pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan tunggal karena menghindar jalan berlubang. “Kemarin Ada yang tabrakan, karena sama – sama mau menghindari lubang dijalan”, kata Pak Benny RT.01 Poris Paradise saat bertemu dengan awak media BHARINDO Yang sedang mengambil foto jalan- jalan yang rusak.

Oleh sebab itu pada tanggal 29 Januari 2020 yang lalu, Ketua RW.10 pernah mengambil tindakan inisiatif mengajak Pak Lurah yang saat itu dijabat Alex Saadon bersama- sama mengirimkan surat permohonan pembetulan jalan. Surat ditujukan langsung kepihak Pimpinan PT. Panji Graha Indah, surat dengan No.024/PP/RW10/01/2020 perihal pembetulan jalan, surat juga ditembuskan ke 15 RT di RW.10. Surat yang dilampirkan dengan foto foto jalan rusak tersebut turut ditanda tangani dan distampel juga oleh Pak Lurah Alex. Namun sayang, surat yang diterima Pak Udin H tersebut tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak PT. Panji Graha Indah selaku developer.

Karena tidak membuahkan hasil, dan tidak ada tanggapan positif dari PT. Panji Graha Indah terkait perapihan jalan.
Kemudian tanggal 20 November 2020 Pak Susanto selaku Ketua RW.10 Poris Paradise mencoba mengirimkan surat keKelurahan dengan surat no. 039/PP/RW10/XI/2020 perihal Permohonan Perbaikan jalan rusak dan juga melampirkan foto – foto kondisi jalan yang memprihatinkan.

Surat langsung dibalas oleh pak Lurah dengan meneruskan surat ke pihak PT. Panji Graha Indah yang isinya permohonan pemeliharaan jalan. Saat itu Pak Lurah sudah dijabat oleh Pak Khotibul Imam dan sekarang menjabat sebagai Sekretaris Camat Cipondoh Indah. Menurut beliau, perbaikan jalan Utama sekitar Poris Paradise masih menjadi tanggung jawab PT. Panji Graha Indah selaku pengembang, maka dari itu pihak Kelurahan pada tanggal 27 November 2020 ikut serta menyurati Direktur Utama PT. Panji Graha Indah dengan surat No.663/95–Kel.CI/2020 perihal Permohonan Pemeliharaan Jalan dengan aspal dan paving block. Didalam surat juga mengatakan pemerintah tidak bisa membetulkan jalan tersebut karena Perumahan Poris Paradise masih belum diserahkan kepemerintah.
Berikut kutipan isi surat tersebut ” Berkaitan dengan hal dimaksud, sebagaimana sepengetahuan kami bahwa terkait proses penyerahan Fasos Fasum pada lokasi dimaksud belum secara resmi diterima oleh Pemerintah Kota Tangerang sehingga berkaitan dengan pemeliharaannya masih merupakan tanggung jawab dari Pengembang dalam hal ini PT. Panji Graha Indah. Besar harapan dari warga masyarakat kami dengan perbaikan / pemeliharaan tersebut dapat memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melintasi jalan tersebut. Maka dari itu, dengan ini kami mohon untuk segera dapat merealisasikannya.”

Sampai saat ini juga surat dari RW 10 dan surat dari Kelurahan Cipondoh Indah ini tidak direspon dan tidak diindahkan sama sekali oleh Pihak PT. Panji Graha Indah selaku Pengembang. Terbukti dari sejak tanggal surat dikirim sampai sekarang bulan Mei tahun 2022 sudah bertahun tahun jalan masih rusak dan bahkan tambah parah kerusakannya.

Bayangkan saja, PT. Panji Graha Indah yang beralamat di Jl. Suryopranoto No.11, Jakarta Pusat ini bisa sama sekali tidak menanggapi dan mengabaikan surat yang dikirim oleh “sekelas” Kelurahan Cipondoh Indah yang dengan tembusan antara lain ke : RW.10, Camat Cipodoh, dan bahkan tembusan ke Walikota Tangerang.

Membahas mengenai permasalahan tersebut diatas, perlu diketahui bahwa :
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan Khusus (selanjutnya disebut ”PP No. 34/2006”), yang bertanggung jawab atas kondisi jalan-jalan di perumahan dan sekitarnya, baik pembuatan maupun perawatan ialah orang atau instansi untuk melayani kepentingan sendiri, yang berarti pembuatan dan perawatannya dilakukan oleh developer perumahan itu sendiri selama belum diserahkan ke Pemda.

Berdasarkan ketentuan peraturan PP No. 34/2006 ini, apabila terjadi kecelakaan akibat jalan di perumahan dan sekitarnya yang rusak, pihak yang mengalami kerugian, dapat mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum kepada pengembang/developer sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kerugian tersebut.

Kemudian di UU No. 38/2004, tanggung jawab atas jalan perumahan adalah berada di pihak pengembang/developer perumahan sebagai penyelenggara jalan.

Semua warga Poris Paradise dan masyarakat sekitar juga mendambakan jalan yang rapi dan mulus. Dalam waktu dekat ini pihak RW.10 dan pengurus akan melayangkan kembali surat ke PT. Panji Graha Indah, “Isinya tetap sama, kita minta mereka ( PT. Panji Graha indah ) untuk merapikan jalan yang sudah lama rusak” tegas pak Susanto RW.10 Poris Paradise ini.
“Kita akan kejar dan kawal terus agar pihak pengembang segera merapikan jalanan yang rusak sesuai arahan Pak Lurah terdahulu. Jangan sampai jalanan rusak atau berlubang ini kita biarkan terus dan menyebabkan kecelakaan sampai memakan korban jiwa. Jalanan sudah rusak parah dan kita lihat hati nurani pengembang sampai sejauh mana” sambung Pak Haliman Sekretaris RW.10.
Sampai proses pembetulan atau perapihan jalan dilakukan, kita akan sorot terus berita tentang PT. Panji Graha Indah ini. “Kita juga akan merangkul rekan – rekan dari media lain untuk pemberitaan ini.
Kita berharap juga dari pihak Pemerintah Daerah atau Pemerintah Kota turun kelokasi untuk melihat kondisi jalan dan kami berharap agar pemerintah ikut serta mendorong proses Perbaikan jalan ini” tambah pak Haliman. (***H5N)