oleh

Optimalisasi Pelayanan Berbasis Elektronik, Diskominfo Majalengka gelar Sosialisasi Pemanfaatan Jaringan Internet

-Daerah-40 1500 views

Bharindo.co.id. Majalengka – Untuk mewujudkan pelayanan maksimal melalui sistem pelayanan berbasis elektronik dan digitalisasi pada Organisasi Perangkat Daerah Kab.Majalengka, Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Majalengka bekerjasama dengan salah satu anak perusahaan Daerah Kab.Majalegka  PT. Sindang Kasih Multi Usaha (SMU) yakni SK Net selenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Jaringan Terintegrasi antar OPD dan Inventarisasi Website &Aplikasi, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, bertempat di Conventions Hotel Fitra, Senin (24/10/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo beserta Sekretaris Dinas dan jajaran Pejabat lainnya, Direktur PT.SMU, Manager SK Net, Para Sekretaris Dinas diseluruh unit OPD Kab.Majalengka, para Admin Teknis/Operator diseluruh OPD dan RSUD, serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo Kab.Majalengka, H. Gatot Sulaeman, A.P., M.Si, mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilatarbelakangi dengan adanya berbagai masukan dari OPD dan juga hasil koordinasi bersama SK Net terkait pengoptimalan suplai jaringan internet, karena SK Net merupakan penyedia jaringan internet ke tiap-tiap OPD. Melalui kegiatan ini nantinya akan memetakan semua hal terkait optimalisasi jaringan internet guna mendukung kelancaran pemanfaatan jaringan terintegrasi antar OPD untuk mendukung pelayanan berbasis elektronik di masing-masing OPD.

“Disamping itu kegiatan digelar sebagai bahan sosialisasi tentang pengelolaan website dan aplikasi di tiap OPD agar dalam pengelolaannya dapat berjalan dengan baik, meskipun saat ini  jaringan terintegrasi antar OPD belum berjalan maksimal karena terkendala beberapa hal namun diharapkan melalui kegiatan ini akan menghasilkan gambaran untuk mendukung indeks SPBE di tiap OPD berjalan dengan optimal, disamping itu juga perlunya dikungan dari tiap OPD agar Indeks SPBE di Kab.Majalengka dapat meningkat dan menjadi salah satu Kabupaten dengan indeks SPBE terbaik di Jawa Barat,” Ucap Kadiskominfo”.

Masih dikatakan Kadiskominfo, terkait inventarisasi website dan Aplikasi dengan data updating bulan lalu terdapat setidaknya  lebih dari 120 aplikasi yang dimiliki di tiap OPD namun hanya 40an  saja yang berjalan maksimal atau update, untuk itu diharapkan kedepannya sebelum OPD membuat aplikasi maka dianjurkan untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan Diskominfo agar tidak terdapat double aplikasi. Adapun informasi lainnya, berdasarkan project Quick Win Master Plan Smartcity Kab.Majalengka yang beberapa waktu lalu digelar dengan melibatkan seluruh OPD, kedepannya akan di buat program Super X yakni satu aplikasi yang dapat terhubung dengan aplikasi-aplikasi yang ada di OPD termasuk di RSUD sehingga masyarakat akan dengan mudah mendapatkan akses pelayanan terhadap kebutuhannya yang berkaitan dengan pelayanan publik.

“Melalui forum ini kami harapkan adanya saran dan juga masukan dari tiap OPD agar sistem pelayanan berbasis elektronik di Pemerintahan Kab.Majalengka dapat berjalan dengan baik, mari kita berkolaborasi untuk saling menguatkan satu sama lain guna mewujudkan Majalengka Raharja, ” Tutup Kadiskominfo.

Sementara itu dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kab.Majalengka, Drs. H.Eman Suherman, M.M., menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang melibatkan Dinas Kominfo dan PT. SMU melalui SK Net, hal ini menandakan sinergitas yang baik antar Dinas dan mitra Pemerintah Daerah dengan bersama berkolaborasi guna mendukung program Pemerintah Daerah Kab.Majalengka. Diera digitalisasi seperti sekarang ini, keberadaan internet tidak bisa kita hindari, perkembangan digitalisasi di sektor Pemerintahan pun harus diikuti agar semua sektor dapat terlayani dengan efektif, efisien dan cepat. Seperti pada salah satu program sistem surat masuk dan keluar “SISUMAKER” di Pemerintahan Kab.Majalengka yang sudah mulai efektif dijalankan tentunya dengan sistem surat digitalisasi tersebut dapat memudahkan dan mempercepat dalam  menyelesaikan suatu pekerjaan.

“Mudah-mudahan dengan sosialisasi hari ini dapat saling berkoordinasi satu sama lainnya untuk bersama-sama memetekan masalah-masalah yang akan dihadapi khususnya yang berkaitan dengan penyedia jaringan internet agar mendapatkan solusi yang tepat guna mendukung penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat berjalan dengan baik.”ucap Sekda.( Yet’s)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed