oleh

KAPOLRI : Diprediksi 85 Juta Orang Mudik, 47 Persen Lewat Darat

-Polri-134 1500 views

Bharindo.co.id JAKARTA – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bahwa mudik Lebaran 2022 diberikan kelonggaran. Polri memprediksi bakal terjadi lonjakan pemudik yang didominasi lewat jalur darat.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyatakan sekitar 80 juta lebih masyarakat bakal mudik Lebaran, dan 47 persenya akan menggunakan jalur darat.

“Artinya ada kurang lebih 85 juta orang yang akan melakukan pergerakan, dan tentunya pemudik terbesar dari wilayah Pulau Jawa,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi Mudik Idulfitri 2022, secara virtual Kamis (14/4/2022).

Menurut Kapolri, sebagian masyarakat akan melakukan mudik ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur yang diperkirakan sekitar 14 juta orang.

Oleh karena itu, tegas Kapolri, harus dipersiapkan bagaimana mudik tetap bisa berjalan lancar dan aman, namun di sisi lain penularan COVID-19 harus tetap dapat terkendali.

Beberapa surat edaran (SE) juga telah dikeluarkan di antaranya Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 16/2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Selain itu, kata Kapolri, Presiden Joko Widodo juga telah memerintahkan agar bisa dipersiapkan dan memberikan pembekalan kepada seluruh masyarakat yang akan mudik dengan melakukan berbagai macam strategi dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19, khususnya di wiliayah Jabodetabek.

Diketahui, vaksin COVID-19 dosis ketiga juga menjadi syarat yang diberikan pemerintah untuk warga yang akan mudik ke kampung halaman.

Kapolri menyatakan bahwa upaya yang dilakukan tentunya perlu ada strategi yang berbeda. Dimana pada bulan Ramadan ini, masyarakat lebih memilih untuk melakukan vaksinasi setelah salat tarawih. Sehingga tentunya kegiatan vaksinasi dilaksanakan setelah salat tarawih.

Walaupun demikian, tetap dibuka gerai-gerai vaksin untuk pelaksanaan pada siang hari, khususnya di tempat-tempat yang dikunjungi oleh masyarakat seperti pertokoan, pasar dan lainnya.

Menurut Kapolri, gerai-gerai vaksinasi juga akan dipersiapkan di jalur-jalur yang akan dilewati oleh pemudik.

Ia berharap pelaksanaan vaksinasi booster pun bisa mencapai 50 persen pada 25 April 2022 atau H-7 Lebaran. (il78*divisi humas mabes polri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed