oleh

Bupati Membuka MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2022

-Daerah-18 1500 views

Bharindo.ci.id Majalengka – Dalam rangka penyelenggaraan MTQ ke-52 Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2022, Bupati secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 tersebut, Perhelatan MTQ untuk ditahun ini tepatnya tahun 2022 bertempat di Kecamatan Cingambul, pembukaan dilaksanakan di Lapangan Sepak bola Cingambul, Selasa (15/11/2022).

Pembukaan MTQ ke-52 tersebut digelar dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang ketat, adapun kegiatan dihadiri oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Kab.Majalengka, Kepala Pengadilan Agama Kab.Majalengka, para Kepala OPD, Ketua MUI dan Ketua FKUB Kab. Majalengka, Ketua Baznas Kab.Majalengka, Pimpinan BUMD, Pimpinan Perbankan, Ketua LPTQ Kecamatan, Camat se-Kab.Majalengka, para Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Ketua Panitia dan Dewan Hakim MTQ ke-52, Para Kepala Desa se-Kecamatan Cingambul, para Qori/Qoriah peserta MTQ ke 52 serta undangan lainnya.

 

Dalam laporannya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda 1) selaku Ketua LPTQ Kab.Majalengka dan juga bertindak sebgai Ketua Umum kegiatan MTQ ke-52 Tingkat Kab. Majalengka tahun 2022,Rd. Muhammad Umar Ma’ruf, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa dasar penyelenggaraan kegiatan MTQ ke-52 tahun 2022 adalah berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor KP. 02.02.00/KEP/845-Kesra Tahun 2022. tentang Penetapan Cingambul sebagai penyelenggaraan kegiatan MTQ ke-52 tahun 2022, pembentukan panitia penyelenggaraan dan penetapan Dewan Hakim MTQ, selain itu adapun tujuan kegiatan MTQ adalah meningkatkan pemahaman masyarakat dengan Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk membangun kualitas diri dan lingkungan yang tertib, aman, dan tentram dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Mengembangkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah sebagai dasar untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat berbangsa dan bernegara. Sebagai sarana evaluasi, pembinaan dan pengembangan Al-Qur’an oleh LPTQ Kabupaten maupun Kecamatan se-Kab.Majalengka, meningkatkan potensi unggulan dan melahirkan generasi terbaik Kab.Majalengka untuk mengikuti ajang STQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

Lebih lanjut Asda 1 menyampaikan adapun tema MTQ ke-52 tahun 2022 Tingkat Kab.Majalengka adalah “Sebagai Sarana Membentuk  Generasi Milenial yang berakhlakul Qur’ani”. Untuk peserta kegiatan MTQ berasal dari 26 Kafilah Kecamatan se-Kab.Majalengka sebanyak 323  orang yang akan bertanding dalam delapan (8) cabang yakni Cabang Tilawatil Qur’an, Cabang Qiroah Sab’ah, Cabang Karya Tulis Ilmiah Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an (MFQ), Cabang MSQ, Cabang Khat, Cabang Hifhzil Qur’an, Cabang Syahr Qur’an, waktu penyelenggaraan dimulai dari tanggal 15 s/d 17 November 2022 dengan tempat pembukaan dan penutupan di Lapangan Sepak bola Kec.Cingambul, sedangkan Dewan Hakim yang bertugas dalam penyelenggaraan MTQ kali ini berjumlah 80 orang dengan kualitas yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.M.Pd., dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan MTQ ke-52 tahun 2022, mengapresiasi penyelenggaraan MTQ ke-52 tahun 2022 di Kecamatan Cingambul. MTQ ke-52 kali ini merupakan yang pertama dilaksanakan pasca pandemi COVID-19 yang melulug lantahkan semua sendi kehidupan. Diharapkan akan menimbulkan kebangkitan semangat setelah sekian lama tertekan oleh COVID-19, sehingga diharapkan aktivitas masyarakat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dalam rangka mewujudkan tatanan kehidupan Majalengka Raharja.

“Mari kita sambut pelaksanaan MTQ ke-52 di Cingambul ini dengan penuh kegembiraan, karena MTQ merupakan salah satu agenda penting baik dilevel Kecamatan, Kabupaten,  Provinsi maupun pusat,” Ucap Bupati.

Bupati menambahkan, pelaksanaan MTQ ini sesungguhnya adalah sebagai sarana mensyiarkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, selain itu agenda MTQ juga sebagai sarana sosialisasi agar masyarakat mampu dan mau mencintai Al-Qur’an, serta mau mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Agenda Penting MTQ lainnya yang harus terus dikembangkan di tengah-tengah masyarakat, dengan menggunakan pendekatan multi metode dalam rangka meningkatkan keinginan masyarakat untuk membiasakan diri membaca Al-Quran.

“Dengan MTQ ini diharapkan akan menghasilkan generasi Qur’ani yang berkualitas dan berakhlakul karimah guna mewujudkan Majalengka Raharja, ” Tutup Bupati.

Setelah pembukaan diteruskan dengan meninjau stand pameran dan kegiatan dilanjutkan dengan defile pawai Ta’aruf dimana pesertanya melibatkan kafilah dar 26 Kecamatan se-Kab.Majalengka dengan membawakan ciri khasnya dari masing-masing daerah. ( Yet’s)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed