BOR Rumah Sakit Nyaris Penuh, PPKM Kota Gorontalo Naik Level 4

Redaksi   |   DAERAH  |   Jumat, 30 Juli 2021 - 22:36:06 WIB   |  dibaca: 1037 kali
BOR Rumah Sakit Nyaris Penuh, PPKM Kota Gorontalo Naik Level 4

Bharindo.co.id, GORONTALO - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Gorontalo naik menjadi level 4. Kenaikan ini hanya berselang tiga hari dari Instruksi Mendagri Nomor 26 tahun 2021.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Evaluasi Gubernur Gorontalo dengan unsur Forkopimda, Wali Kota, Camat dan Kelurahan yang berlangsung daring, Jumat (29/7/2021).

Memang untuk Imendagri 26 kita di Kota Gorontalo level 3. Namun hingga kini kasus konfirmasi di kota sudah 37,13 per 100 ribu penduduk.

"Begitu juga dengan kematian tingkat tiga, karena dia meningkat 3,6 berarti ada 7 orang per Minggu,” kata Kadis Kesehatan dr. Yana Yanti Suleman.

Peningkatan level 4 patut diwaspadai oleh semua pihak. Indikator paling tinggi yakni kondisi rawat inap yang berada di level 4 yakni 37,4 per 100.000 penduduk.

Mengertinya, ada 74 orang yang dirawat per Minggu jika total jumlah penduduk kota 200.000 orang.

Tingkat hunian rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Gorontalo juga sudah berada di angka yang mengkhawatirkan. Sudah 86,4% kapasitas tempat tidur terisi. Total 118 tempat tidur di RS Aloei Saboe sudah terisi 102 tempat tidur.

“Begitu juga di rumah sakit Otanaha pak gub. Mohon izin, dari total 37 tempat tidur sudah 27 yang terisi atau 79,4%. Sehingga itu penting bagi kita mengaktifkan plan B untuk penambahan gedung baru khusus penanganan covid-19,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie nampak tegas saat memberi arahan ke Wali Kota Gorontalo Marten Taha. Ia meminta Wali Kota serius menindak setiap pelanggaran protokol kesehatan.

“Kalau semua kita melaksanakan penuh rasa tanggungjawab pasti tidak begini kota. Ini kota pusat pemerintahan. Kita gerakkan semua. Kami semua siap mendukung tapi pak wali kota di depan,” kata Rusli.

Ia mencontohkan masih banyak kasus kerumunan yang belum ditindak. Aparat hingga kecamatan dinilai belum cukup intens melakukan pemantauan dan pembinaan kepada warga baik di pasar tradisional, cafe dan restoran hingga hajatan pesta warga.

Khusus kota harus segera action pak wali. Ini mencekam, mengkhawatirkan. Mohon maaf pak wali kota, saya melihat satpol tidak ada.

"Termasuk camat, lurah. Yang ada cuma TNI Polri padahal TNI Polri ini hanya pendukung. Saya dapat laporan,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Wakil Gubernur Idris Rahim. Ia menilai rapat semacam ini sudah berulang kali namun implementasi di lapangan masih kurang. Ia berharap ada langkah konkrit dari wali kota yang bisa segera dirasakan dampaknya.

Kota Gorontalo ini ada 9 Kecamatan 50 Kelurahan semuanya sudah punya posko. Kita punya aparat. Sehingga kami inginkan ini jadi rapat terakhir.

"Tentunya Pak Wali bisa mengambil alih penanganan covid-19 di Gorontalo. Hari ini mungkin bisa buat pernyataan bisa turun dari level 4 ke level 3,” tutur Wagub.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha menyebut aparaturnya sudah melaksanakan upaya prepentif. Sejak Senin pada rapat kemarin, pihaknya sudah mengambil langkah membuat posko di pasar mingguan.

“Senin kemarin itu waktu video diputarkan, hari Selasa ini sudah turun. Di situ sudah ada posko selain sosialisasi masker di situ juga kita gunakan untuk vaksinasi. Tempat tempat makan jangan dilihat masih buka, tapi sudah tidak melayani makan di tempat,” beber Marten.

Ia mengajak semua pihak untuk turun bersama melakukan pemantauan. Marten bisa meyakinkan bahwa kerumunan dan penangan protokol kesehatan di Kota Gorontalo sudah terkendali. (pulu)

Profil Redaksi

Redaksi

Nomor Induk Berusaha (NIB) 1266000330931 TABLOID BHAYANGKARA INDONESIA, TERDAFTAR DALAM LEMBAR PERUM PERCETAKAN NEGARA RI (BERITA NEGARA) Nomor : 19 TAMBAHAN BERITA NEGARA RI No. 008684 TANGGAL 05 MARET 2021 dan DALAM SALINAN KEPUTUSAN MENTRI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR :  AHU-0015142.AH.01.01 TAHUN 2021

Box Redaksi

Pelindung /Penasehat

1. KOMBES POL. Drs. H. KADARUSMAN SH. MH

2. Daniel Koo (Chairman Pasifik Group)

Pembina

1. KOMBES POL AZIS ANDRIANSAH SH, SIK, MHum

2. Anggoro Budiman (Direktur Pasifik Group)

 

 

Pemimpin Redaksi/Pimpinan Umum/Penanggung Jawab :

HAIDAR LAKORO S. Pd

Redaktur Pelaksana :

MUHAMAD AZIZ. SE. Ch. Cht

Redaktur :

Isyadi

Kepala Bagian Pengembangan dan Investigasi :

BUDI HARIYANTO

Wakil Kepala Pengmbangan dan Investigasi :

Dodi Suhendri

Redaktur Eksekuti :

1.  Hendy Agus Purnama

Redaksi :, 

Yus Rinaldi, Mujahidin Saleh, 

 

Kepala Perwakilan DKI : Bambang Jaya Laksana

Kepala Perwakilan Jabar : 

Wartawan Perwakilan : Deni, Dedi, IM Gunawan, Dede,Fitri Yani

Kabiro Kab. Bandung : Agus Kusnadi, Kabiro Kota Bandung : Sukarso, Kabiro Sumedang : Acil Hernis, Kabiro. Wakabiro Sumedang : Edi Hariyadi. Wartawan Sumedang  : Usep Jamaludin SAg, Yusuf Afifudin, Fuad Abdurrahman, Akhmad Taufik Hidayat.  Garut : Syarif Paliba, Wartawan Garut :  Ayat Supriatna Yusup, Budiyanto, Dadang Suherman, Kabiro Majalengka : Yeyet, Kabiro Cianjur : Kikim Sukmawan, Kabiro Sukabumi : Ejang, Wartawan Sukabumi :Abdulloh, Heri Setiawan, Saripudin, Dedih Darmawan, Yogi Sapta Nuryaman, Ukan Setiawan, Babas s., Ucup Supriadi, Eman Suparman, Entis Sutisna, Nadi Alpiansyah.Ade Abdul Rahman, Rizwan, Rifki Ardiansyah, Surya dan SuryanaEjang,  Kabiro Indramayu : Tirmo Kabiro Karawang : Fauzi

Kepala Perwakilan Jawa Timur : Basri Dhiki Bara, Divisi Hukum : M.Ali Arifin, SHI, MH

Wartawan Perwakilan Jatim : 1. Wartawan Surabaya : Mahrus Isfandi,ss. Wakijo

                                                   2. Wartawan Jawa Timur : Jimy Enus, S.th

Kepala Biro Sidoarjo : Imam Safii, Wartawan Sidoarjo : Khoirul Anam, Chusnul Jakin

Kabiro  Mataraman : Purwanto

Kepala Perwakilan Jawa Tengah : Riswanto

Kabiro Purwekerto : Mbah Joko, Kabiro Purbalingga : Riswanto, Kabiro Banjarnegara : Keris Purnomo, Kabiro Kebumen : Dr. Tri Pujo, Kabiro Kota Tegal : Roy, Kabiro Wonosobo : Yusup Khoiron

Kepala Perwakilan Sulut : Hendra Tololiu

Wartawan Perwakilan Manado, :  Ivon Bawotong

Kabiro Kota Bitung : Rusdianto Tioki

Koordinator Wilayah SULUT I (Sanger Talaud Sitaro) : Asriel Johan Tatande

Wartawan : Beny Facius Sasiang

Kepala Perwakilan Gorontalo : 

Kepala Perwakilan  Sulawesi Selatan : M. Andi  Ahsan

Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan : MUslim Naim

Wartawan Kalimantan Selatan : Subsidi, Suriani

Kepala Perwakilan Kalimantan Timur : H. Agus Salim SH

Kepala Perwakilan Kalimantan Barat : Saidul Amri

Wakil Kaper : Franki Yakob

Kepala Perwakilan Nusa Tenggara Barat : Budiman

Kabiro Lombok Tengah , Kabiro Lombok Timur : Wartawan Lotim : Samsul Bahri, Suyanto Sutrisno , Kabiro Lombok Utara,: Suparwadi, Wartawan : Supardi,  Kabiro Sumbawa Besar :   Kabiro Dompu : , Kabiro Bima :  . Editor : 

Kepala Perwakilan Bali : 

Wartawan Perwakilan Bali : I. Made Suastika I Ketut Chandra Kurniawan SH, 

Kepala Perwakilan Sumut : Hary Budiono

Koordinator Wil I : Harno Pijati, Wartawan Sedang Bedagai :  Ali Lubis, Kabiro Labuhan Baru : 

Kepala Perwakilan Riau  : Azhar

Kepala Perwakilan Sumatera Selatan : Lubis

Kepala Perwakilan Lampung : Yusup Budiono

Kepala Perwakilan Banten  Heri Iskandar

Wartawan Banten : Deddy Haryadi.

Kabiro Tangerang Selatan : Deni Ramdani. Wartawan Tangsel : Agus Sunanto, Dede Mohammad Nazmi W:artawan Tangerang Raya : Hadi Jatmiko.

Kepala Perwakilan Kepulauan Riau : Ipur Satriawan

Kabiro Batam : Zulkani. Wartawan Batam : Rafael Sabon Payon

 

 

REKENING BHARINDO : 3423567178 BCA, PT. PASIFIK POETRA INOMASA

 


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook