Bupati Jabes Ezar Gaghana Menggenjot Sektor Perikanan Dan Kelautan Ke Pilipin

Redaksi   |   BHARINDO  |   Senin, 07 Juni 2021 - 13:18:55 WIB   |  dibaca: 1139 kali
Bupati Jabes Ezar Gaghana Menggenjot Sektor Perikanan Dan Kelautan Ke Pilipin

Bharindo Sangihe -  Sumber pendapatan Sangihe adalah baharinya, perlu diseriusi, karena Sangihe merupakan daerah kepulauan terbanyak di provinsi Sulawesi Utara yang memiliki lebih dari 105 pulau dengan rincian ; 79 pulau yang tidak berpenghuni dan 26 pulau berpenghuni dari Marore sampai Beng Laut. Jumlah luas wilayah 11.863,58 km2 terdiri dari Lautan 11.126,61 km2 dan Daratan 736,97 km2. Artinya, luas lautannya lebih besar dari darat .

Keindahan bahari dan hasil laut yang dimiliki Sangihe tentu tidak perlu diragukan lagi. Pulau yang cantik akan isi lautnya, seperti terumbu karang, tumbuhan laut dan ikannya lengkap ada di daerah yang paling utara Indonesia ini. 

Dari tahun ketahun, mungkin banyak dari kita yang mengetahui bahwa perkembangan ekosistem dan industri perikanan yang terjadi berkembang pesat. Apalagi sekarang ini Bupati Jabes Ezar Gaghana, SE ME sedang berupaya yang terbaik guna kemajuan perikanan dan kelautan. Misalnya, kerjasama perdagangan ikan tuna Sangihe - General Santos kabarnya akan segera dimulai dalam dekat ini, pada webinar pihak Pilipin dengan Bupati Sagihe, selasa 19 Mei 2021. 

Namun demikian, membangun sektor perikanan dan kelautan di Sangihe haruslah satu paket dengan menyejahterakan nelayan. Ini sama seperti membangun pertanian yang juga harus menyejahterakan petani. Apalagi, Sangihe adalah daerah maritim dengan luas lautan mencapai 88%, namun nelayannya tetap saja miskin. Padahal 'sea power' (kekuatan laut) sebenarnya merupakan kekuatan terpenting bagi kemajuan dan kemakmuran Sangihe. Sebut saja Jepang yang ekonominya bertumpu pada sektor teknologi, tapi pengelolan sumber perikanan dan kelautannya sangat maju karena negaranya menopang penuh nelayannya baik dari sisi teknologi pembuatan fasilitasnya maupun keuangannya melalui bantuan bank dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan Sangihe  adalah surganya ikan, hasil tangkap perikanan Sangihe  menempati peringkat pertama terbesar di Sulut, hanya kalah disistem dan infrastruktur, sarana, prasarana penunjang perikanan dan kelautannya.

Sebagai langkah cepat untuk membangkitkan perikanan dan menyejahterakan nelayan, pemerintah saat ini membantu memberikan pelatihan dan pendidikan yang baik, sekaligus mendorong pemerintah pusat agar mau membantu pengadaan kapal, jaring, mesin, pontong dan uang operasional supaya perputaran ekonomi dari hasil perikanan dan kelautan kian maju. Meskipun pemerintah pusat sudah memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dari tahun ke tahun berupa kapal 5 GT, panboat dan lain-lain yang telah diberikan kepada nelayan. Tapi masyarakat bermohon untuk lebih banyak lagi, mengingat ada nelayan yang belum kebagian.

- HarapanRakyat

Kiranya pemerintah dapat memfasilitasi pembuatan pabrik es diseluruh 15 kecamatan guna menampung ikan. Karena selama ini kendalanya di es. Juga kerjasama dengan pembeli ikan dari domestik maupun Internasional lebih ditingkatkan. Masyarakat optimis Tampungang Lawo akan berkembang pesat melalui perikanan dan kelautan jika pemerintah mensupport penuh, karena penghasilan terbesar kabupaten kepulauan Sangihe adalah perikanan dan kelautan.

Khususnya untuk pertanian adalah penunjang kebutuhan bagi komsumsi masyarakat. Terbukti ditangan dingin Gaghana, pertanian di Sangihe terbilang maju dapat mencukupi kebutuhan setiap hari. Berkat semangat kelompok para pemuda tani, Opolao, SKPD dan lain-lain yang bersinerjik dalam pertanian. 

Perlu diketahui area daratan Sangihe hanya 12%, lautan 88%. Berarti kelautan dan perikanan lebih dioptimalkan agar Sangihe benar-benar maju. (Gambatte Asril)

Profil Redaksi

Redaksi

Nomor Induk Berusaha (NIB) 1266000330931 TABLOID BHAYANGKARA INDONESIA, TERDAFTAR DALAM LEMBAR PERUM PERCETAKAN NEGARA RI (BERITA NEGARA) Nomor : 19 TAMBAHAN BERITA NEGARA RI No. 008684 TANGGAL 05 MARET 2021 dan DALAM SALINAN KEPUTUSAN MENTRI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR :  AHU-0015142.AH.01.01 TAHUN 2021

Box Redaksi

Pelindung /Penasehat

1. KOMBES POL. Drs. H. KADARUSMAN SH. MH

2. Daniel Koo (Chairman Pasifik Group)

Pembina

1. KOMBES POL AZIS ANDRIANSAH SH, SIK, MHum

2. Anggoro Budiman (Direktur Pasifik Group)

 

 

Pemimpin Redaksi/Pimpinan Umum/Penanggung Jawab :

HAIDAR LAKORO S. Pd

Redaktur Pelaksana :

MUHAMAD AZIZ. SE. Ch. Cht

Redaktur :

Isyadi

Kepala Bagian Pengembangan dan Investigasi :

BUDI HARIYANTO

Wakil Kepala Pengmbangan dan Investigasi :

Dodi Suhendri

Redaktur Eksekuti :

1.  Hendy Agus Purnama

Redaksi :, 

Yus Rinaldi, Mujahidin Saleh, 

 

Kepala Perwakilan DKI : Bambang Jaya Laksana

Kepala Perwakilan Jabar : 

Wartawan Perwakilan : Deni, Dedi, IM Gunawan, Dede,Fitri Yani

Kabiro Kab. Bandung : Agus Kusnadi, Kabiro Kota Bandung : Sukarso, Kabiro Sumedang : Acil Hernis, Kabiro. Wakabiro Sumedang : Edi Hariyadi. Wartawan Sumedang  : Usep Jamaludin SAg, Yusuf Afifudin, Fuad Abdurrahman, Akhmad Taufik Hidayat.  Garut : Syarif Paliba, Wartawan Garut : Budiyanto, Dadang Suherman, Kabiro Majalengka : Yeyet, Kabiro Cianjur : Kikim Sukmawan, Kabiro Sukabumi : Ejang, Wartawan Sukabumi :Abdulloh, Heri Setiawan, Saripudin, Dedih Darmawan, Yogi Sapta Nuryaman, Ukan Setiawan, Babas s., Ucup Supriadi, Eman Suparman, Entis Sutisna, Nadi Alpiansyah.Ade Abdul Rahman, Rizwan, Rifki Ardiansyah, Surya dan SuryanaEjang,  Kabiro Indramayu : Tirmo Kabiro Karawang : Fauzi

Kepala Perwakilan Jawa Timur : 

Wartawan Perwakilan Jatim : M. Markus I

Kabiro Banyuwangi : Basri, Korwil Madura : Zainal ZA, Kabiro, Akhmad Sudaryanto, Suhartono, Kabiro  Mataraman : Purwanto

Kepala Perwakilan Jawa Tengah : Riswanto

Kabiro Purwekerto : Mbah Joko, Kabiro Purbalingga : Riswanto, Kabiro Banjarnegara : Keris Purnomo, Kabiro Kebumen : Dr. Tri Pujo, Kabiro Kota Tegal : Roy, Kabiro Wonosobo : Yusup Khoiron

Kepala Perwakilan Sulut : Hendra Tololiu

Wartawan Perwakilan Manado, :  Ivon Bawotong

Kabiro Kota Bitung : Rusdianto Tioki

Koordinator Wilayah SULUT I (Sanger Talaud Sitaro) : Asriel Johan Tatande

Wartawan : Beny Facius Sasiang

Kepala Perwakilan Gorontalo : 

Kepala Perwakilan  Sulawesi Selatan : M. Andi  Ahsan

Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan : MUslim Naim

Wartawan Kalimantan Selatan : Subsidi, Suriani

Kepala Perwakilan Kalimantan Timur : H. Agus Salim SH

Kepala Perwakilan Kalimantan Barat : Saidul Amri

Wakil Kaper : Franki Yakob

Kepala Perwakilan Nusa Tenggara Barat : Budiman

Kabiro Lombok Tengah , Kabiro Lombok Timur : Wartawan Lotim : Samsul Bahri, Suyanto Sutrisno , Kabiro Lombok Utara,: Suparwadi, Wartawan : Supardi,  Kabiro Sumbawa Besar :   Kabiro Dompu : , Kabiro Bima :  . Editor : 

Kepala Perwakilan Bali : I. Made Suastika

Wartawan Perwakilan Bali :I Ketut Chandra Kurniawan SH, Bambang Is Haryadi, A A N Gd Eka Paramitha P, I. Kade Agus Teja N, Opan

Kepala Perwakilan Sumut : Hary Budiono

Koordinator Wil I : Harno Pijati, Wartawan Sedang Bedagai : Rafii Saragih, Ali Lubis, Kabiro Labuhan Baru : Toyang Tobing

Kepala Perwakilan Riau  : Azhar

Kepala Perwakilan Sumatera Selatan : Lubis

Kepala Perwakilan Lampung : Yusup Budiono

Kepala Perwakilan Banten  Heri Iskandar

Wartawan Banten : Deddy Haryadi.

Kabiro Tangerang Selatan : Deni Ramdani. Wartawan Tangsel : Agus Sunanto, Dede Mohammad Nazmi W:artawan Tangerang Raya : Hadi Jatmiko.

Kepala Perwakilan Kepulauan Riau : Ipur Satriawan

Kabiro Batam : Zulkani. Wartawan Batam : Rafael Sabon Payon

 

 

REKENING BHARINDO : 3423567178 BCA, PT. PASIFIK POETRA INOMASA

 


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook