Kepala BKKBN Tandatangani Nota Kesepahaman Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan

Redaksi   |   OLAHRAGA  |   Selasa, 11 Mei 2021 - 02:33:08 WIB   |  dibaca: 1043 kali
Kepala BKKBN Tandatangani Nota Kesepahaman Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan

Bharindo Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menandatangani Nota Kesepahaman dengan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo tentang Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana pada Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan di Auditorium Wisma Kemenpora, Senin (10/5). 

Pada penandatanganan MoU yang bertema "Bebas Stunting untuk Mencetak Atlet Berprestasi" ini, Menpora Amali menyampaikan bahwa materi yang dikerjasamakan antara Kemenpora dan BKKBN adalah terkait penanganan Stunting. 

"Stunting bukan hanya masalah dari BKKBN saja tetapi menjadi masalah kita bersama. Nah kami dari Kementerian Pemuda dan Olahraga tentu sangat berkepentingan khususnya penanganan para remaja, para pemuda, baik itu remaja dan pemuda secara umum. Maupun mereka yang dalam kategori menjadi atlet," kata Menpora Amali. 

Terkait hal-hal teknis lapangan yang akan dikerjakan antara dua lembaga ini, Menpora Amali memastikan akan kembali melakukan rapat untuk merumuskan dalam bentuk-bentuk kerja sama. 

"Tentu kita akan duduk kembali mendetailkan, mengeloborasi, apa yang sudah kita sepakati. Tapi yang jelas secara garis besar, kita sudah mendapatkan gambaran bahwa mengatasi perkawinan, usia dini, mengatasi masalah di keluarga dan itu memang di bidang kepemudaan di kami (Kemenpora) juga ada dan juga masalah bagaiamana kita mendapatkan talenta yang sehat yang terbebas dari stunting itu juga menjadi masalah yang harus ditangani secara bersama," ungkapnya. 

Menpora Amali juga menyampaikan bahwa masalah stunting menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo. Bahkan semua kementerian dan lembaga negara diminta untuk terlibat dalam menangani hal tersebut sesuai dengan kewenangan masing-masing. 

"Kami mendapatkan pesan pada rapat kabinet yang lalu bahwa bapak presiden menyampaikan masalah stunting ini selama masalah kita bersama. Bapak presiden telah menegaskan bahwa BKKBN menjadi leadernya dan Pak Hasto ketuanya. Saya kira kita dukung, kita support, sesuai dengan fungsi kita masing-masing," pungkas Menpora Amali. 

Selanjutnya, Menpora Amali memaparkan bahwa bonus demografi dapat menjadi beban dan mudaharat bagi bangsa Indonesia bila generasi mudanya tidak terencana dari masalah stunting. 

"Apa yang kita harapkan dengan bonus demografi kedepan, saya kira ini menjadi harapan seluruh rakyat indonesia, kita tidak bisas membayangkan bagaimana generasi kita yang akan datang masih mengalami stunting. Tentu kita tidak bisa mengharapkan generasi yang unggul, generasi yang produktif, generasi yang punya daya saing, dan harapan Indonesia Emas 2045 tentu itu menjadi mimpi kosong kita," tegasnya. 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menpora Amali dan jajarannya karena sudah bersinergi dengan BKKBN dalam program penurunan angka stunting. 

"BKKBN menghaturkan ucapan terima kasih kepada bapak Menteri Pemuda dan olahraga dan seluruh jajaran yang sudah berkenan membangun sinergi dan juga kerjasama dengan BKKBN yang diwujudkan dengan MoU pada sore hari ini," kata Hasto. 

Hasto kemudian menjelaskan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar, luas dan memiliki jumlah penduduk yang relatif banyak. Bahkan, hasil dari sensus penduduk tahun 2020 ada sekitar 27 persen atau skeitar 70 juta jiwa adalah remaja yang di usia 10 sampai 24 tahun. 

"Dan bangsa kita setiap tahun melahirkan sebanyak penambahan jumlah penduduk. Dan remaja menjadi dominan sekali untuk di masa sekrang dan di masa-masa yang akan datang," jelasnya. 

"Penentu dari masa depan bangsa adalah remaja dan pemuda termasuk penentu kualitas generasi stunting atau tidaknya generasi yang akan datang adalah pemuda dan remaja," tambahnya. (il78)

Profil Redaksi

Redaksi

Nomor Induk Berusaha (NIB) 1266000330931 TABLOID BHAYANGKARA INDONESIA, TERDAFTAR DALAM LEMBAR PERUM PERCETAKAN NEGARA RI (BERITA NEGARA) Nomor : 19 TAMBAHAN BERITA NEGARA RI No. 008684 TANGGAL 05 MARET 2021 dan DALAM SALINAN KEPUTUSAN MENTRI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR :  AHU-0015142.AH.01.01 TAHUN 2021

Box Redaksi

Pelindung /Penasehat

1. KOMBES POL. Drs. H. KADARUSMAN SH. MH

2. Daniel Koo (Chairman Pasifik Group)

Pembina

1. KOMBES POL AZIS ANDRIANSAH SH, SIK, MHum

2. Anggoro Budiman (Direktur Pasifik Group)

 

 

Pemimpin Redaksi/Pimpinan Umum/Penanggung Jawab :

HAIDAR LAKORO S. Pd

Redaktur Pelaksana :

MOHAMAD AZIS

Redaktur :

Isyadi

Kepala Bagian Pengembangan dan Investigasi :

BUDI HARIYANTO

Wakil Kepala Pengmbangan dan Investigasi :

Dodi Suhendri

Redaktur Eksekuti :

1. HAJIRIN,  

2. SUTOYO

3. EFENDY

Redaksi :, 

Yus Rinaldi, Mujahidin Saleh, Hendy Agus Purnama

 

Kepala Perwakilan DKI : Bambang Jaya Laksana

Kepala Perwakilan Jabar : 

Wartawan Perwakilan : Deni, Dedi, IM Gunawan, Dede,Fitri Yani

Kabiro Kab. Bandung : Agus Kusnadi, Kabiro Kota Bandung : Sukarso, Kabiro Sumedang : Acil Hernis, Kabiro. Wakabiro Sumedang : Edi Hariyadi. Wartawan Sumedang  : Usep Jamaludin SAg, Yusuf Afifudin, Fuad Abdurrahman, Akhmad Taufik Hidayat.  Garut : Syarif Paliba, Wartawan Garut : Budiyanto, Dadang Suherman, Kabiro Majalengka : Yeyet, Kabiro Cianjur : Kikim Sukmawan, Kabiro Sukabumi : Ejang, Wartawan Sukabumi :Abdulloh, Heri Setiawan, Saripudin, Dedih Darmawan, Yogi Sapta Nuryaman, Ukan Setiawan, Babas s., Ucup Supriadi, Eman Suparman, Entis Sutisna, Nadi Alpiansyah.Ade Abdul Rahman, Rizwan, Rifki Ardiansyah, Surya dan SuryanaEjang,  Kabiro Indramayu : Tirmo Kabiro Karawang : Fauzi

Kepala Perwakilan Jawa Timur : 

Wartawan Perwakilan Jatim : M. Markus I

Kabiro Banyuwangi : Basri, Korwil Madura : Zainal ZA, Kabiro, Akhmad Sudaryanto, Suhartono, Kabiro  Mataraman : Purwanto

Kepala Perwakilan Jawa Tengah : Riswanto

Kabiro Purwekerto : Mbah Joko, Kabiro Purbalingga : Riswanto, Kabiro Banjarnegara : Keris Purnomo, Kabiro Kebumen : Dr. Tri Pujo, Kabiro Kota Tegal : Roy, Kabiro Wonosobo : Yusup Khoiron

Kepala Perwakilan Sulut : Hendra Tololiu

Wartawan Perwakilan Manado, :  Ivon Bawotong

Kabiro Kota Bitung : Rusdianto Tioki

Koordinator Wilayah SULUT I (Sanger Talaud Sitaro) : Asriel Johan Tatande

Wartawan : Beny Facius Sasiang

Kepala Perwakilan Gorontalo : 

Kepala Perwakilan  Sulawesi Selatan : M. Andi  Ahsan

Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan : MUslim Naim

Wartawan Kalimantan Selatan : Subsidi, Suriani

Kepala Perwakilan Kalimantan Timur : H. Agus Salim SH

Kepala Perwakilan Kalimantan Barat : Saidul Amri

Wakil Kaper : Franki Yakob

Kepala Perwakilan Nusa Tenggara Barat : Budiman

Kabiro Lombok Tengah , Kabiro Lombok Timur : Wartawan Lotim : Samsul Bahri, Suyanto Sutrisno , Kabiro Lombok Utara,: Suparwadi, Wartawan : Supardi,  Kabiro Sumbawa Besar :   Kabiro Dompu : , Kabiro Bima :  . Editor : 

Kepala Perwakilan Bali : I. Made Suastika

Wartawan Perwakilan Bali :I Ketut Chandra Kurniawan SH, Bambang Is Haryadi, A A N Gd Eka Paramitha P, I. Kade Agus Teja N, Opan

Kepala Perwakilan Sumut : Hary Budiono

Koordinator Wil I : Harno Pijati, Wartawan Sedang Bedagai : Rafii Saragih, Ali Lubis, Kabiro Labuhan Baru : Toyang Tobing

Kepala Perwakilan Riau  : Azhar

Kepala Perwakilan Sumatera Selatan : Lubis

Kepala Perwakilan Lampung : Yusup Budiono

Kepala Perwakilan Banten  Heri Iskandar

Wartawan Banten : Deddy Haryadi.

Kabiro Tangerang Selatan : Deni Ramdani. Wartawan Tangsel : Agus Sunanto, Dede Mohammad Nazmi W:artawan Tangerang Raya : Hadi Jatmiko.

Kepala Perwakilan Kepulauan Riau : Ipur Satriawan

Kabiro Batam : Zulkani. Wartawan Batam : Rafael Sabon Payon

 

 

REKENING BHARINDO : 3423567178 BCA, PT. PASIFIK POETRA INOMASA

 


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook