MASA DEPAN KALIMANTAN SELATAN ADALAH PERTANIAN

Redaksi   |   DAERAH  |   Senin, 12 April 2021 - 22:06:50 WIB   |  dibaca: 1034 kali
MASA DEPAN KALIMANTAN SELATAN ADALAH PERTANIAN

Bharindo Banjarbaru -  Desa kait-kait, Kecamatan Bati-bati, KAbupaten Tanah Laut, berlangsung penanaman sawit yang dihadiri oleh Perwakilan Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian, Pejabat Gubernur kalimantan Selatan, Bupati Tanah LAut beserta jajaran forkopimda serta perwakilan vertikal perbankkan. Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA yang melakukan penanaman sawit secara simbolis pertanda bahwa peremajaan sawit rakyat atau PSR 2021 dimulai.

PSR ini merupakan salahsatu program dari kementrian Pertanian Dirjen Perkebunan, ada pun tujuan dari peremajaan sawit ini adalah untuk produktifitas dan kualitas buah kelapa sawit itu sendiri, yang diperuntukan lebuh khusus untuk perkebunan Rakyat.

Dalam sambutannya pj Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, mengatakan bahwa pertanian merupakan salah sektor yang mampu bertahan di era pandemi secara Nasional, dan termasuk dikalimantan Selatan ini.

"Penyumbang devisa daerah kita terbesar saat ini adalah pertambangan, namun tambang adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui, maka masa depan kita satu-satunya adalah pertanian,' ujar pj Gubernur kalsel.

Pj Gubernur juga menyampaikan sawit, baik itu sawit rakyat maupun sawit perusahaan atau swasta harus sama-sama maju. Terutama untuk perkebunan rakyat harus disubsidi oleh anggran agar dapat maju berbarengan dengan perkebunan swasta, ini bisa terlaksana dengan baik maka bisa membantu perekonomian Negara.

 Agus Hartono yang mewakili Dirjen Perkebunan yang juga sebagai Ketua Tim PSR mengatakan bahwa sumber dana dari program ini sendiri adalah dari hasil pungutan ekspor yang dikelola oleh BPBD. "Program ini sumber dananya berasalah dari pungutan ekspor yang di sub kelolakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan yang bekerjasama dengan Dirjen Perkebunan Kementrian Pertanian," ujar agus.

Ada tiga hal yang disampaikan agus menjadi saran utama dari PSR atau replating sawit. 

"Tiga sasaran atau replanting, yaitu kelapa sawit yang masih berumur 25 tahun, yang kedua produksinya kurang dari 10 hektar pertahun, dan yang ketiga adalah benih yang tidak bersertifikat" kata  agus dalam sambutannya mewakili Dirjen Perkebunan.

Kepala Dinas Perkebunan dan peternakan Provinsi Kalimantan Selatan Suparmi, bahwa target PSR di Kalimantan Selatan di tahun 2018 samapai dengan tahun 2020 adalah 10.517 hektar, sedangkan target PSR tahun 2021 sendiri adalah 3.500 hektar yang terbagi pada 5 kabupaten.

Di kabupaten banjar 1000 hektar, kabupaten kotabaru 500 hektar, Kabupaten Tanah Bumbu 1000 hektar, Kabupaten Tanah Laut 500 Hektar dan kabupaten Batola 500 hektar. KADIS Perkebunan dan peternakan juga menyampaikan bahwa program ini sendiri pada intinya adalah membantu para [petani sawit rakyat diprovinsi kalimantan selatan.

Seusai acara, Pj Gubernur Kalimantan selatan diwawancarai oleh awak media Bharindo mengatakan apabila angka pendaftar programPSR ini melebihi dari target, maka Pemerintah Provinsi Akan mendata dan mengajukan ulang pada Kementrian Pertanian.

"saya kira kalau sudah diumumkan seperti ini, besok antriannya akan mulai panjang. apabila melebihi dari 3.500 hektar, nanti kita data dan kita ajukan Kementrian Pertanian agar disetujui tambahannya,' kata safrizal.

Safrizal sebelum menutup sambutannya berpesan untuk menghindari pembakaran untuk pembukaan lahan dalam proses PSR atau replating agar bisa menghindari atau mengurangi hotspot karhutla. Mengingat bulan juni sudah memasuki musim panas. (usup)

Profil Redaksi

Redaksi

Nomor Induk Berusaha (NIB) 1266000330931 TABLOID BHAYANGKARA INDONESIA, TERDAFTAR DALAM LEMBAR PERUM PERCETAKAN NEGARA RI (BERITA NEGARA) Nomor : 19 TAMBAHAN BERITA NEGARA RI No. 008684 TANGGAL 05 MARET 2021 dan DALAM SALINAN KEPUTUSAN MENTRI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR :  AHU-0015142.AH.01.01 TAHUN 2021

Box Redaksi

Pelindung /Penasehat

1. KOMBES POL. Drs. H. KADARUSMAN SH. MH

2. Daniel Koo (Chairman Pasifik Group)

Pembina

1. KOMBES POL AZIS ANDRIANSAH SH, SIK, MHum

2. Anggoro Budiman (Direktur Pasifik Group)

 

 

Pemimpin Redaksi/Pimpinan Umum/Penanggung Jawab :

HAIDAR LAKORO S. Pd

Redaktur Pelaksana :

MOHAMAD AZIS

Redaktur :

Isyadi

Kepala Bagian Pengembangan dan Investigasi :

BUDI HARIYANTO

Wakil Kepala Pengmbangan dan Investigasi :

Dodi Suhendri

Redaktur Eksekuti :

1. HAJIRIN,  

2. SUTOYO

3. EFENDY

Redaksi :, 

Yus Rinaldi, Mujahidin Saleh, Hendy Agus Purnama

 

Kepala Perwakilan DKI : Bambang Jaya Laksana

Kepala Perwakilan Jabar : 

Wartawan Perwakilan : Deni, Dedi, IM Gunawan, Dede,Fitri Yani

Kabiro Kab. Bandung : Agus Kusnadi, Kabiro Kota Bandung : Sukarso, Kabiro Sumedang : Acil Hernis, Kabiro. Wakabiro Sumedang : Edi Hariyadi. Wartawan Sumedang  : Usep Jamaludin SAg, Yusuf Afifudin, Fuad Abdurrahman, Akhmad Taufik Hidayat.  Garut : Syarif Paliba, Wartawan Garut : Budiyanto, Dadang Suherman, Kabiro Majalengka : Yeyet, Kabiro Cianjur : Kikim Sukmawan, Kabiro Sukabumi : Ejang, Wartawan Sukabumi :Abdulloh, Heri Setiawan, Saripudin, Dedih Darmawan, Yogi Sapta Nuryaman, Ukan Setiawan, Babas s., Ucup Supriadi, Eman Suparman, Entis Sutisna, Nadi Alpiansyah.Ade Abdul Rahman, Rizwan, Rifki Ardiansyah, Surya dan SuryanaEjang,  Kabiro Indramayu : Tirmo Kabiro Karawang : Fauzi

Kepala Perwakilan Jawa Timur : 

Wartawan Perwakilan Jatim : M. Markus I

Kabiro Banyuwangi : Basri, Korwil Madura : Zainal ZA, Kabiro, Akhmad Sudaryanto, Suhartono, Kabiro  Mataraman : Purwanto

Kepala Perwakilan Jawa Tengah : Riswanto

Kabiro Purwekerto : Mbah Joko, Kabiro Purbalingga : Riswanto, Kabiro Banjarnegara : Keris Purnomo, Kabiro Kebumen : Dr. Tri Pujo, Kabiro Kota Tegal : Roy, Kabiro Wonosobo : Yusup Khoiron

Kepala Perwakilan Sulut : Hendra Tololiu

Wartawan Perwakilan Manado, : Rusdianto Tioki, Chris Pendong

Kabiro BMR : Thomas Sundayo,  Kabiro Sangihe Talaud : Benyfacius Sasiang

Kepala Perwakilan Gorontalo : 

Kepala Perwakilan  Sulawesi Selatan : M. Andi  Ahsan

Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan : MUslim Naim

Wartawan Kalimantan Selatan : Subsidi, Suriani

Kepala Perwakilan Kalimantan Timur : H. Agus Salim SH

Kepala Perwakilan Kalimantan Barat : Saidul Amri

Wakil Kaper : Franki Yakob

Kepala Perwakilan Nusa Tenggara Barat : Budiman

Kabiro Lombok Tengah , Kabiro Lombok Timur : Wartawan Lotim : Samsul Bahri, Suyanto Sutrisno , Kabiro Lombok Utara,: Suparwadi, Wartawan : Supardi,  Kabiro Sumbawa Besar :   Kabiro Dompu : , Kabiro Bima :  . Editor : 

Kepala Perwakilan Bali : I. Made Suastika

Wartawan Perwakilan Bali :I Ketut Chandra Kurniawan SH, Bambang Is Haryadi, A A N Gd Eka Paramitha P, I. Kade Agus Teja N, Opan

Kepala Perwakilan Sumut : Hary Budiono

Koordinator Wil I : Harno Pijati, Wartawan Sedang Bedagai : Rafii Saragih, Ali Lubis, Kabiro Labuhan Baru : Toyang Tobing

Kepala Perwakilan Riau  : Azhar

Kepala Perwakilan Sumatera Selatan : Lubis

Kepala Perwakilan Lampung : Yusup Budiono

Kepala Perwakilan Banten  Heri Iskandar

Wartawan Banten : Deddy Haryadi.

Kabiro Tangerang Selatan : Deni Ramdani. Wartawan Tangsel : Agus Sunanto, Dede Mohammad Nazmi W:artawan Tangerang Raya : Hadi Jatmiko.

Kepala Perwakilan Kepulauan Riau : Ipur Satriawan

Kabiro Batam : Zulkani. Wartawan Batam : Rafael Sabon Payon

 

 

REKENING BHARINDO : 3423567178 BCA, PT. PASIFIK POETRA INOMASA

 


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook