LSM LIRA NTB laporkan Konspirasi BPNT

Redaksi   |   EKONOMI  |   Kamis, 29 Oktober 2020 - 22:48:44 WIB   |  dibaca: 1583 kali
LSM LIRA NTB laporkan Konspirasi BPNT

LSM LIRA NTB temukan indikasi konspirasi Bantuan Pangan Non Tunai Lombok Timur NTB

Mataram (Bharindo) Satuan Tugas Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Barat, temukan indikasi penyimpangan  Program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) di Kabupaten Lombok Timur.s

"LIRA sudahselesai melakukan Investigasi di 21 Kecamatan Se Kabupaten Lombok Timur terkait carut marutnya Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) atau program sembako di Kabupaten Lombok Timur dan berdasarkan data dan Fakta hasil Investigasi tim Satgas Investigasi LIRA NTB menemukan ada Indikasi dugaan pemufakatan jahat antara Supplier, TKSK, Penyalur atau agen BRILink dan pemdaping PKH maupun dinas terkait," terang Ketua Satgas Investigasi Khusus LSM LIRA NTB Kamarudin, M.Pd, di Mataram, Kamis (29/10) 

Kepada media dikatakan,  salah satu hasil temuannnya adalah, penyaluran BPNT tidak memperhatikan pedoman umum ( pedum ) yaitu ketika agen dikoordinir oleh penyalur. Sementara di dalam pedum jelas bahwa agen tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

“Hasil temuan kami di 21 Kecamatan Se-Lombok Timur,  keluarga penerima manfaat ( KPM ) seolah-olah dipaksakan menerima bahan pangan yang disalurkan oleh agen ( BRILink ). Parahnya, jika KPM menolak mereka diintimidasi dan bahkan terancam tidak akan dapat lagi dan namanya dicoret,” ungkap Wakil Gubernur Bidang OKK LSM LIRA NTB ini.

Diungkapkan, dalam pendum  ketentuannya jelas bahwa prinsip utama pada poin 2 yang berbunyi, memberikan pilihan dan kendali kepada KPM tentang kapan, berapa, jenis, kualitas, dan harga bahan pangannya, Baik berupa beras, telur atau lainnya, serta tempat membeli sesuai dengan referensi atau tidak diarahkan pada penyalur tertentu, dan bahan pangan tidak dipaketkan.

Kemudian, di poin 3 tercantum upaya mendorong usaha eceran rakyat untuk memperoleh pelanggan dan peningkatan penghasilan dengan melayani KPM.

“Dua poin pada pedoman umun BPNT tadi, sudah jelas mengarahkan untuk lebih bisa memberdayakan usaha kecil, bukan untuk dikoordinir pada satu penyalur atau para suplier,” tegas Kamarudin.

Sementara itu Gubernur LIRA NTB, Syamsuddin  menyampaikan bahwa penyaluran bantuan untuk warga miskin yang diduga masih dimainkan oleh oknum tertentu, membuat para KPM makin menderita, Oknum tersebut sama saja makan hak orang miskin. Karena itu, sambung Gubernur Lira NTB menegaskan, pemerintah daerah tidak boleh diam dan segera mengambil langkah tegas agar terwujud masyarakat yang adil sejahtera dan aman ( ASA ).

“Kami dari LIRA NTB mendesak Bupati Lombok Timur melalui dinas terkait yaitu dinas sosial untuk mengambil langkah tegas, jangan sampai program yang dihajatkan untuk orang miskin ini dimainkan oleh kelompok-kelompok tertentu dan akibatnya berimbas buruk pada citra pemerintahan H. Sukiman Azmy dan H. Rumaksi ( SUKMA ),” tegasnya.

Ditambahkan,  program BPNT merupakan program Bansos bukan proyek. Tapi hasil penelusuran tim Investigasi di 21 Kecamatan se Lombok Timur, sangat miris begitu banyak surat yang beredar. Padahal surat tersebut kontraproduktif dengan substansi dan aturan, bahkan seolah terjadi pembenaran-pembenaran sehingga yang justru paling kompeten tersisihkan.

“Kami akan lakukan Hearing ke DPRD Kabupaten Lombok Timur untuk mempertanyakan dan memanggil Dinas Terkait dan Pihak2 terkait yang terlibat untuk di hadirkan di meja Sidang Rakyat nantinya karena kami mengacu pada amanat dari pemerintah pusat yang harus di jalankan demi membantu kesejahteraan masyarakat Kecil kok masih di permainkan, demi tegaknya keadilan maka siapapun yang terbukti memanfaatkan jabatanya demi mendapatkan keuntuntungan pribadi harus mendapatkan hukuman yang setimpal apalagi dalam masa pandemi saat ini,” ujar Bung Syam.

Usai hearing, program selanjutnya LIRA akan membuat laporan ke instansi terkait untuk tindak lanjut proses hukumnya. (Kontri NTB)

Profil Redaksi

Redaksi

Nomor Induk Berusaha (NIB) 1266000330931 TABLOID BHAYANGKARA INDONESIA, TERDAFTAR DALAM LEMBAR PERUM PERCETAKAN NEGARA RI (BERITA NEGARA) Nomor : 19 TAMBAHAN BERITA NEGARA RI No. 008684 TANGGAL 05 MARET 2021 dan DALAM SALINAN KEPUTUSAN MENTRI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR :  AHU-0015142.AH.01.01 TAHUN 2021

Box Redaksi

Pelindung /Penasehat

1. KOMBES POL. Drs. H. KADARUSMAN SH. MH

2. Daniel Koo (Chairman Pasifik Group)

Pembina

1. KOMBES POL AZIS ANDRIANSAH SH, SIK, MHum

2. Anggoro Budiman (Direktur Pasifik Group)

 

 

Pemimpin Redaksi/Pimpinan Umum/Penanggung Jawab :

HAIDAR LAKORO S. Pd

Redaktur Pelaksana :

MUHAMAD AZIZ. SE. Ch. Cht

Redaktur :

Isyadi

Kepala Bagian Pengembangan dan Investigasi :

BUDI HARIYANTO

Wakil Kepala Pengmbangan dan Investigasi :

Dodi Suhendri

Redaktur Eksekuti :

1.  Hendy Agus Purnama

Redaksi :, 

Yus Rinaldi, Mujahidin Saleh, 

 

Kepala Perwakilan DKI : Bambang Jaya Laksana

Kepala Perwakilan Jabar : 

Wartawan Perwakilan : Deni, Dedi, IM Gunawan, Dede,Fitri Yani

Kabiro Kab. Bandung : Agus Kusnadi, Kabiro Kota Bandung : Sukarso, Kabiro Sumedang : Acil Hernis, Kabiro. Wakabiro Sumedang : Edi Hariyadi. Wartawan Sumedang  : Usep Jamaludin SAg, Yusuf Afifudin, Fuad Abdurrahman, Akhmad Taufik Hidayat.  Garut : Syarif Paliba, Wartawan Garut :  Ayat Supriatna Yusup, Budiyanto, Dadang Suherman, Kabiro Majalengka : Yeyet, Kabiro Cianjur : Kikim Sukmawan, Kabiro Sukabumi : Ejang, Wartawan Sukabumi :Abdulloh, Heri Setiawan, Saripudin, Dedih Darmawan, Yogi Sapta Nuryaman, Ukan Setiawan, Babas s., Ucup Supriadi, Eman Suparman, Entis Sutisna, Nadi Alpiansyah.Ade Abdul Rahman, Rizwan, Rifki Ardiansyah, Surya dan SuryanaEjang,  Kabiro Indramayu : Tirmo Kabiro Karawang : Fauzi

Kepala Perwakilan Jawa Timur : Basri Dhiki Bara, Divisi Hukum : M.Ali Arifin, SHI, MH

Wartawan Perwakilan Jatim : 1. Wartawan Surabaya : Mahrus Isfandi,ss. Wakijo

                                                   2. Wartawan Jawa Timur : Jimy Enus, S.th

Kepala Biro Sidoarjo : Imam Safii, Wartawan Sidoarjo : Khoirul Anam, Chusnul Jakin

Kabiro  Mataraman : Purwanto

Kepala Perwakilan Jawa Tengah : Riswanto

Kabiro Purwekerto : Mbah Joko, Kabiro Purbalingga : Riswanto, Kabiro Banjarnegara : Keris Purnomo, Kabiro Kebumen : Dr. Tri Pujo, Kabiro Kota Tegal : Roy, Kabiro Wonosobo : Yusup Khoiron

Kepala Perwakilan Sulut : Hendra Tololiu

Wartawan Perwakilan Manado, :  Ivon Bawotong

Kabiro Kota Bitung : Rusdianto Tioki

Koordinator Wilayah SULUT I (Sanger Talaud Sitaro) : Asriel Johan Tatande

Wartawan : Beny Facius Sasiang

Kepala Perwakilan Gorontalo : 

Kepala Perwakilan  Sulawesi Selatan : M. Andi  Ahsan

Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan : MUslim Naim

Wartawan Kalimantan Selatan : Subsidi, Suriani

Kepala Perwakilan Kalimantan Timur : H. Agus Salim SH

Kepala Perwakilan Kalimantan Barat : Saidul Amri

Wakil Kaper : Franki Yakob

Kepala Perwakilan Nusa Tenggara Barat : Budiman

Kabiro Lombok Tengah , Kabiro Lombok Timur : Wartawan Lotim : Samsul Bahri, Suyanto Sutrisno , Kabiro Lombok Utara,: Suparwadi, Wartawan : Supardi,  Kabiro Sumbawa Besar :   Kabiro Dompu : , Kabiro Bima :  . Editor : 

Kepala Perwakilan Bali : 

Wartawan Perwakilan Bali : I. Made Suastika I Ketut Chandra Kurniawan SH, 

Kepala Perwakilan Sumut : Hary Budiono

Koordinator Wil I : Harno Pijati, Wartawan Sedang Bedagai :  Ali Lubis, Kabiro Labuhan Baru : 

Kepala Perwakilan Riau  : Azhar

Kepala Perwakilan Sumatera Selatan : Lubis

Kepala Perwakilan Lampung : Yusup Budiono

Kepala Perwakilan Banten  Heri Iskandar

Wartawan Banten : Deddy Haryadi.

Kabiro Tangerang Selatan : Deni Ramdani. Wartawan Tangsel : Agus Sunanto, Dede Mohammad Nazmi W:artawan Tangerang Raya : Hadi Jatmiko.

Kepala Perwakilan Kepulauan Riau : Ipur Satriawan

Kabiro Batam : Zulkani. Wartawan Batam : Rafael Sabon Payon

 

 

REKENING BHARINDO : 3423567178 BCA, PT. PASIFIK POETRA INOMASA

 


Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook