Sikapi Unjuk Rasa Omnimbus Law, Sekretaris Kompolnas Angkat Bicara Untuk Polri Dan Masyarakat

Syamsulbachri Maliki   |   KOMPOLNAS  |   Jumat, 23 Oktober 2020 - 19:36:42 WIB   |  dibaca: 1061 kali
Sikapi Unjuk Rasa Omnimbus Law, Sekretaris Kompolnas Angkat Bicara Untuk Polri Dan Masyarakat

Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional RI, Irjen Pol (Purn),Dr.Benny Jozua Mamoto, SH, M.Si, angkat bicara dengan menghimbau kepada  personil Polri dan masyarakat utamakan kesehatan dan keselamatan.

 Dengan terusnya berjalan demo-demo penolakan Undang-Undang cipta kerja (Omnimbus Law) yang terjadi di kota-kota di seluruh Indonesia, Sekretaris Komisi Kepolisian Nasional RI, Irjen Pol (Purn),Dr.Benny Jozua Mamoto, SH, M.Si, angkat bicara dengan menghimbau kepada  personil Polri dan masyarakat utamakan kesehatan dan keselamatan.

Menurutnya, hal ini perlu patuhi masyarakat karena saat terlibat demo, dengan provokasi,emosi sudah tentu semua protokol kesehatan penanganan penularan virus Corona (Covid-19),sudah pasti dilanggar. Dan ini akan membahayakan masyarakat yang mengikuti aksi demonstrasi. 

Sementara itu yang memprovokasi masyarakat untuk melakukan demonstrasi, saat itu tidak berada ditempat. Sudah pasti ia akan selamat dari tidak tertular Covid-19, tetapi masyarakat yang akan menjadi korban.

“Kalaupun ada ketidak puasan dari masyarakat terkait dengan Undang-Undang cipta kerja, silahkan melalui jalur hukum melalui gugatan ke Mahkama Konstitusi (MK). Sehingga keselamatan masyarakat terjamin. Olehnya itu proses hukum kepada pelaku demonstrasi di lapangan. Sehingga diharapkan proses gugatan berjalan, sudah berlaku penerapan protokol kesehatan, sehingga tidak menjadi culter terbaru penularan Covid-19 kepada masyarakat yang melakukan demonstrasi,” tutur Benny Mamoto, kepada wartawan di kantor Kompolnas RI, pada Kamis (22/10/2020).

Benny  mengatakan, dirinya juga merasa prihatin dengan para pelajar, para buruh, para pemuda dan BEM yang dikerahkan di lapangan, bisa dibayangkan bila menjadi kluster terbaru penularan Covid-19, sudah pasti sangat membebani masyarakat dan berpotensi menularkan Covid-19 kepada keluarganya.

“Sekali lagi, yang menyuruh dan memprovokasi masyarakat untuk demo, tetap selamat tetapi masyarakatlah yang akan menjadi korban tertular Covid-19,”Ucapnya.

Benny juga berpesan kepada pihak Polri, agar menghadapi masyarakat yang tengah frustasi dan stres karena kehilangan pekerjaan, pengangguran, dan memerlukan uang, personil Polri yang bertugas dilapangan harus ekstra sabar, bisa menahan diri.

“Pahamilah kondisi rakyak kita sedang sakit dan stress. Lakukan langkah-langkah persuasif, edukatif, sehingga masyarakat bisa menerima kehadiran personil Polri dilapangan, dan tidak melakukan tindakan anarkis kepada personil Polri,”Himbaunya.

Benny mengatakan, lakukan semua tindakan sesuai dengan SOP yang ada, lakukan secara disiplin dan ketat. Upaya penindakan adalah upaya terakhir jika itu memang tindakan para pendemo sudah merusak fasilitas umum, sudah mengancam jiwa orang sesuai SOP harus dilakukan penindakan tegas dari aparat Polri.

“ Tolong kepada para demostran yang ditangkap harus dilakukan test urine untuk memastikan penggunaan narkoba. Karena bila seseorang telah menggunakan narkoba, entah itu diberikan dalam bentuk cofer, seolah-olah sebuah pil untuk menjaga stamina dan penguatan tubuh tetapi ternyata itu adalah narkoba. Olenya itu harus diingat, setiap orang yang menggunakan narkoba,ia akan mengalami dis-orientasi ruang dan waktu, akan mengalami miss presepsi panca indera,” Ucapnya.

Benny menghimbau, kepada personil-personil Polri yang menangani para pendemo, khususnya yang menjadi korban untuk diberikan pelayanan yang baik. Kalau itu pelajar yang diamankan sebaiknya setelah dilakukan test urina, hubungi orang tuanya.

“Lakukan edukasi dan usahakan dengan cara-cara humanis. Dengan cara itu, tentunya simpati publik akan semakin meningkat kepada Polri,”Pungkasnya. (Humas)

Profil Syamsulbachri Maliki

Syamsulbachri Maliki

Box Redaksi

Pemimpin Redaksi/Pimpinan Umum/Penanggung Jawab :

Syamsul Bachri Maliki

Pemimpin Perusahaan :

Farmansyah M, SE,MM

Wakil Pimpinan Perusahaan:

Agus Yulianto

Redaktur Pelaksana :

Haidar Lakoro

Redaktur :

Isyadi

Kepala Bagian Pengembangan dan Investigasi :

Amir Papalia

Wakil Kepala Pengmbangan dan Investigasi :

Dodi Suhendri

Redaktur Eksekuti :

1. M. Amin Marcel, 2, Teguh Nurcahyo

Redaksi :, 

Hajirin,  Yus Rinaldi, Mujahidin Saleh, Asril Tatande

Kepala Perwakilan DKI : Bambang Jaya Laksana

Kepala Perwakilan Jabar : Dudi Surachman

Wartawan Perwakilan : Deni, Dedi, IM Gunawan, Dede,Fitri Yani

Kabiro Kab. Bandung : Agus Kusnadi, Kabiro Kota Bandung : Sukarso, Kabiro Sumedang : Acil Hernis, Kabiro. Wakabiro Sumedang : Edi Hariyadi. Wartawan Sumedang  : Usep Jamaludin SAg, Yusuf Afifudin, Fuad Abdurrahman, Akhmad Taufik Hidayat.  Garut : Syarif Paliba, Wartawan Garut : Budiyanto, Dadang Suherman, Kabiro Majalengka : Yeyet, Kabiro Cianjur : Kikim Sukmawan, Kabiro Sukabumi : Ejang, Wartawan Sukabumi :Abdulloh, Heri Setiawan, Saripudin, Dedih Darmawan, Yogi Sapta Nuryaman, Ukan Setiawan, Babas s., Ucup Supriadi, Eman Suparman, Entis Sutisna, Nadi Alpiansyah.Ade Abdul Rahman, Rizwan, Rifki Ardiansyah, Surya dan SuryanaEjang,  Kabiro Indramayu : Tirmo Kabiro Karawang : Fauzi

Kepala Perwakilan Jawa Timur : Agus Yulianto

Wartawan Perwakilan Jatim : M. Markus I

Kabiro Banyuwangi : Basri, Korwil Madura : Zainal ZA, Kabiro, Akhmad Sudaryanto, Suhartono, Kabiro  Mataraman : Purwanto

Kepala Perwakilan Jawa Tengah : Riswanto

Kabiro Purwekerto : Mbah Joko, Kabiro Purbalingga : Riswanto, Kabiro Banjarnegara : Keris Purnomo, Kabiro Kebumen : Dr. Tri Pujo, Kabiro Kota Tegal : Roy, Kabiro Wonosobo : Yusup Khoiron

Kepala Perwakilan Sulut : Hendra Tololiu

Wartawan Perwakilan Manado, : Rusdianto Tioki, Chris Pendong

Kabiro BMR, Gun Mokodongan, Wartawan : Thomas Sundayo,Euris Maurit Lokong. Kabiro Sangihe Talaud : Benyfacius Sasiang

Kepala Perwakilan Gorontalo : 

Kepala Perwakilan  Sulawesi Selatan : M. Andi  Ahsan

Kepala Perwakilan Kalimantan Selatan : MUslim Naim

Kepala Perwakilan Kalimantan Timur : H. Agus Salim SH

Kepala Perwakilan Kalimantan Barat : Saidul Amri

Wakil Kaper : Franki Yakob

Kepala Perwakilan Nusa Tenggara Barat : Budiman

Kabiro Lombok Tengah , Kabiro Lombok Timur : Wartawan Lotim : Samsul Bahri, Suyanto Sutrisno , Kabiro Lombok Utara,: Suparwadi, Wartawan : Supardi,  Kabiro Sumbawa Besar :   Kabiro Dompu : , Kabiro Bima :  . Editor : 

Kepala Perwakilan Bali : I. Made Suastika

Wartawan Perwakilan Bali :I Ketut Chandra Kurniawan SH, Bambang Is Haryadi, A A N Gd Eka Paramitha P, I. Kade Agus Teja N, Opan

Kepala Perwakilan Sumut : Hary Budiono

Koordinator Wil I : Harno Pijati, Wartawan Sedang Bedagai : Rafii Saragih, Ali Lubis, Kabiro Labuhan Baru : Toyang Tobing

Kepala Perwakilan Riau  : Azhar

Kepala Perwakilan Sumatera Selatan : Lubis

Kepala Perwakilan Lampung : Yusup Budiono

Kepala Perwakilan Banten  Heri Iskandar

Wartawan Banten : Deddy Haryadi.

Kabiro Tangerang Selatan : Deni Ramdani. Wartawan Tangsel : Agus Sunanto, Dede Mohammad Nazmi W:artawan Tangerang Raya : Hadi Jatmiko.

Kepala Perwakilan Kepulauan Riau : Ipur Satriawan

Kabiro Batam : Zulkani. Wartawan Batam : Rafael Sabon Payon

 

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook