oleh

Bendungan Bintang Bano Mewujudkan Ketersediaan Air di Sumbawa Barat

-Nasional-24 1500 views

Bharindo.co.id, NTB – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bintang Bano yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (14/1/2022).

“Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Presiden Jokowi secara virtual.

Bendungan ini, lanjut Presiden, dibangun semenjak 2015 yang menghabiskan dana sekitar Rp1,4 triliun. Memiliki kapasitas daya tampung air mencapai 76 juta M3 dengan luas genangan mencapai seluas 256 hektar.

Melalui infrastruktur tersebut, dapat mengaliri lahan sawah hingga mencapai 6700 hektar bagi wilayah sekitar kabupaten di atas. “Kapasitas tampung bendungan ini sangat besar,” kata Presiden.

Harapannya, bendungan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh berbagai pemangku kepentingan. Sehingga, menciptakan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah tersebut pada beberapa waktu ke depan.

“Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat serta mendukung ketahanan pangan,” harap Kepala Negara.

Pemerintah dalam beberapa waktu belakangan ini, tengah gencar membangun infrastruktur bendungan di berbagai pelosok tanah air, termasuk di Sumbawa Barat. Tujuannya, mendukung ketersediaan air yang diperuntukkan bagi lahan-lahan pertanian.

Adanya, infrastruktur bendungan, tentunya akan menjamin ketersediaan air bagi lahan pertanian. Dengan begitu, produktivitas lahan pertanian disinyalir akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

“Kita bangun bendungan-bendungan ini untuk ketahanan pangan, kemandirian pangan, kedaulatan pangan, itu hanya akan bisa terjadi kalau di seluruh provinsi ini ada air kuncinya,” jelas Presiden.

Dari periode 2015 hingga saat ini, terdapat 29 bendungan yang telah diselesaikan oleh pemerintah. Targetnya, pada 2024 akan ada 57 bendungan yang telah selesai dibangun di berbagai wilayah di tanah air.

“Bendungan Bintang Bano yang ke-29 yang diresmikan pada saat ini,” pungkas Presiden.  (sam***)